10 Tips Untuk Melatih Otak Lebih Cerdas

Image result for 7 Tips Meningkatkan Kreativitas pada Anak

cara mendidik anak agar kreatif - Setiap orang tentu ingin jadi lebih cerdas. Otak yang cerdas dapat menolong temukan jalan keluar atas beberapa masalah yang dihadapi dengan lebih efisien dan efektif. Untuk memperoleh otak lebih cerdas, perlu usaha dan sistem setiap individu dalam melatihnya. Nah Toppers, berikut banyak hal simpel yang dapat anda kerjakan dalam kehidupan keseharian untuk melatih otakmu jadi lebih cerdas! : D

1. Membaca koran 

Bacalah koran sehari-hari, bila anda memang tidak sempat sekurang-kurangnya upayakan membaca semua judul yang berada di halaman koran. Hal semacam ini dapat membantumu untuk jadi lebih sadar akan dunia seputarmu, membuat kamu dapat bicara tentang beberapa hal dengan beberapa orang dan tema yang mereka senangi. Anda juga jadi dapat menyatukan pendapat mereka yang nanti merubah fikiranmu tentang suatu hal dengan lebih terbuka.

2. Kerjakan dan catat hal yang baru anda tekuni 

Habis melihat cara bermain gitar? Membaca buku tentang coding? Apa pun yang barusan dipelajari, cobalah segera anda lakukan sendiri sekerap mungkin. Dapat karena umum, sempat kan dengar kata itu? Hehehe. Janganlah lupa menulis hal apa sajakah yang anda tekuni hari ini dengan teratur agar mungkin saja motivasi untuk belajar lebih sekali lagi esok harinya. Makin banyak anda belajar tentang suatu hal, makin anda sayang untuk melepasnya bukan?

3. Berikan apa yang anda tekuni ke orang lain 

Dengan membagikan apa yang anda kenali ke orang yang lain, anda dapat mengulang dan mengingat sekali lagi apa yang sudah dipelajari hingga anda tidak lupa dan lebih kuasai hal itu. Anda dapat sharing pendapat juga inspirasi dari orang yang lain setelah anda memberitahukan apa sajakah yang telah dipelajari, dan mungkin dari pembicaraanmu dengan orang yang lain itu dapat menolong anda untuk lebih tersinspirasi.

4. Berkumpul dengan beberapa orang yang positif 

Butuhkan sekian waktu dengan beberapa orang positif yang lebih pandai darimu untuk dapat anda ajak sharing inspirasi dan berdiskusi. Berlakulah rendah hati dan ingin belajar, bertanya sebanyak-banyaknya beberapa hal yang ingin anda kenali pada mereka yang memang tahu lebih banyak. Dari perbincangan dan input mereka, anda dapat melatih otakmu dengan pikirkan beberapa inspirasi baru karena sudah memperoleh jawaban atas pertanyaanmu.

5. Ajak bicara orang yang anda anggap menarik 

Mulai pembicaraan dengan orang yang menurutmu menarik, meskipun itu orang asing meskipun. Tanyalah tentang apa yang ingin anda kenali atau hal yang dinilai mereka menarik dan bagaimana caranya mereka temukan hal itu. Janganlah takut mendekatkan diri karena terkadang, anda dapat belajar banyak beberapa hal baru dari pengalaman orang yang sekalipun tidak anda kenal. Janganlah terlewat peluang untuk ajukan pertanyaan pada seseorang ibu yang membagikan makanan ke kucing liar di jalanan karena siapa yang tahu saat itu yaitu kali paling akhir anda dapat bertanya segera mengapa dia melakukan hal itu dan memperoleh pelajaran hidup tidak terlupakan darinya.

6. Buat daftar “saya sudah melakukan.. ” 

Sebelumnya anda beranjak ke tempat tidurmu, tulislah beberapa hal positif apa sajakah yang sudah anda kerjakan. Misalnya hari ini saya sudah pelajari dan berhasil buat kue tart yang enak, saya sudah berhasil jual lebih banyak barang dagangan saya di toko on-line, saya olahraga lebih lama 2 jam dari hari-hari sebelumnya. Menuliskan beberapa hal begini dapat buat dirimu merasa lebih baik terlebih bila anda merasa tengah patah semangat/berkecil hati. Daftar ini membantumu mengingat begitu produktifnya anda hari ini dan menolong pikirkan hal apa yang perlu anda kerjakan keesokan hari.

7. Buat daftar “saya harus berhenti melakukan.. ” 

Jadilah orang yang lebih baik dari waktu ke waktu dengan mengingatkan dirimu mengenai rutinitas jelek yang mungkin tidak disenangi/beresiko jelek bagimu dan orang yang lain. Tulislah hal apa sajakah yang perlu berhenti anda kerjakan, misalnya saya harus berhenti merokok untuk kesehatan saya dan keluarga yang berada di rumah. Mencari alasan mengapa anda harus berhenti dari rutinitas itu, catat dan lekatkan ditempat umum anda melakukan rutinitas jelek itu, di kamar mandi, di pintu masuk kamar atau dapat pula di home screen handphone.

8. Baca buku fiksi atau non fiksi dengan rutin 

Tantang dirimu untuk menggunakan satu buku bacaan apa pun dalam satu minggu. Terkecuali menaikkan pengetahuan dan pikiran, anda juga melatih memori otak dengan mengingat alur narasi dari sebuah buku, menaikkan kosakata, tingkatkan kekuatan menulis dan menghindar penyakit demensia atau Alzheimer. Buku fiksi menarik untuk kita pelajari dan tahu beberapa ciri-khas didalam buku, masuk dunia dengan prespektif yang berlainan. Sedang buku non fiksi dapat mengenalkan anda dengan beberapa tema baru seperti psikologi, politik.

9. Bermain permainan yang buat anda berfikir 

Bermain juga adalah cara yang tepat dan mengasyikkan untuk mengasah otak lho. Mencari permainan yang menantang dirimu untuk berfikir juga memperluas inspirasi. Misalnya catur, scrabble, puzzle, membuat berbagai macam benda dengan Lego dapat juga mengasah kekreatifan yang berada di dalam dirimu lho!

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

10. Olahraga dan konsumsi makanan sehat 

Paling akhir, agar fikiranmu tetaplah fresh dan cerdas, anda harus melindungi badan tetaplah sehat dengan olahraga dan konsumsi makanan penuh gizi. Jika anda merasa tengah tak ada inspirasi atau stuck, gerakkan tubuhmu dengan menari atau jalan-jalan kecil diluar rumah. Ingat badan sehat menolong otak untuk berfikir lebih efisien!

Tidak susah bukan? Berlatihlah dengan 10 aktivitas di atas agar kemampuan otak Toppers tetaplah cemerlang, tidak mudah lupa dan makin aktif kreatif! Dengan otak yang cerdas, anda semakin lebih punya kebiasaan untuk pikirkan inspirasi baru dan lebih mudah untuk di inspirasi. Selamat berlatih! :)

0 komentar: