9 Hal yang Wajib Ada dalam Pitch Deck

Related image

jasa pembuatan website jakarta - Setelah temukan inspirasi startup yang cemerlang, Kamu mulai melakukan penelitian. Berapakah besar market yang ada, siapa pesaingnya dan bagaimana me-monetize bisnis itu.

Lalu Kamu mulai buat product dan memperoleh traction. Kamu mulai memperoleh user dan, mudah-mudahan saja, memperoleh customer. Kamu juga telah menjangkau product-market-fit dan ingin meningkatkan bisnis semakin besar sekali lagi. Kamu ingin mencari angel investor dan VC untuk mempresentasikan inspirasi Kamu. Lalu seseorang investor mungkin memohon Kamu kirim pitch deck. Tapi Kamu tidak paham apa tujuannya.

Apakah itu pitch deck?
Bila Kamu sukses memperoleh dana dari investor, atau Kamu baru ingin fundraise, Kamu tidak asing dengan pitch deck dan berisi. Tetapi, untuk mereka yang baru dalam dunia startup mungkin bertanya-tanya, apakah itu pitch deck?

Berdasar pada Improve Presentation, “Sebuah pitch deck adalah presentasi singkat, sering di buat memakai PowerPoint, Keynote atau Prezi, dipakai untuk memberi deskripsi singkat tentang business rencana Kamu pada audience. Biasanya Kamu juga akan memakai pitch deck selama on-line meeting face-to-face dengan investor mungkin, customer, mitra, dan co-founder. ”

Dengan pengertian itu, kita dapat katakan kalau pitch deck adalah salah satu kunci kesuksesan dalam melakukan fundraise. Banyak enterpreneur berhasil yang menggunakan banyaknya waktu dalam buat pitch deck yang diisi beberapa hal penting dan relevan untuk investor mungkin.

Apa yang perlu ada pada pitch deck? Berikut bagian-bagian basic yang Kamu butuhkan dalam sebuah pitch deck :

Elevator Pitch
Janganlah lupa memberikan nama startup Kamu, nama Kamu atau co-founder yang lain dan info kontak yang bisa dihubungi. Bila sangat mungkin, catat keterangan singkat tentang apa yang ditangani oleh startup Kamu agar investor mungkin memperoleh deskripsi juga akan potensi dan ukuran market perusahaan Kamu.

Masalah Statement
Inspirasi startup Kamu keluar karena suatu alasan. Terangkan point itu pada investor mungkin Kamu. Page ini sangat penting untuk memperoleh pernyataan orang dan beli product Kamu. Pastikan kalau investor mungkin atau audience yang lain mengerti apa yang Kamu jual dan value proposition yang di tawarkan. Kamu tidak dapat menerangkan problem tehnis dan operasional disini, konsentrasi pada jalan keluar yang dipunyai untuk menjawab sebuah persoalan.

Business Jenis
Disini Kamu perlu menerangkan bagaimana me-monetize, siapa customer Kamu, distribusi channel atau susunan biaya. Maksudnya adalah untuk memperoleh deskripsi bagaimana bisnis ini jalan. Biasanya, jenis bisnis yang unik dan belum juga teruji tidak popular dan terkadang dapat memiliki resiko. iI sini Kamu dapat memasukkan nama bisnis yang telah memakai product atau servis Kamu untuk memvalidasi jenis bisnis.

Defensible Technology
Di bagian ini Kamu dapat menerangkan sedikit tehnologi yang dipakai, secret sauce atau magic apa pun di balik product atau servis Kamu. Lebih konsentrasi pada pemakaian skema, diagram, atau flowchart dan jauhi teks yang berlebihan.

Go-To-Market Plan
Pada halaman ini Kamu dapat menerangkan gagasan dalam mencapai customer dan marketing leverage point Kamu. Pakai halaman ini untuk memberikan keyakinan investor mungkin Kamu kalau perusahaan Kamu miliki gagasan efisien yang akan tidak merugikan mereka dengan materi.

Competitive Landscape in your startup’s space
Jangan sampai menyebutkan kalau perusahaan Kamu tidak memiliki pesaing. Walau tidak berkompetisi dengan apple-to-appel, perusahaan Kamu tentu miliki beberapa perusahaan yang tawarkan value proposition sama. Pada halaman ini, Kamu dapat menghadirkan competitive landscape, kemampuan Kamu dibanding dengan pesaing.

Tim
Bagian ini penting karena umumnya investor mungkin ingin ketahui siapa yang juga akan menggerakkan perusahaan, termasuk co-founder Kamu dan key person yang lain seperti advisor atau investor sebelumnya. Diluar itu, pakai halaman ini untuk menonjolkan pengalaman, pendidikan, keberhasilan Kamu sebelumnya dan janganlah takut tim Kamu tidak prima. Tak ada startup yang prima, yang terutama yaitu apakah Kamu ingin dan ingin melakukan perbaikan kekurangan dalam tim Kamu.

Core metrics and financial projections
Gunakan halaman ini untuk sediakan info key metrics dari startup Kamu. Kamu perlu mengerti kalau setiap startup itu unik dan Kamu harus temukan metrics mana yang paling penting dalam kesuksesan perusahaan Kamu. Kamu dapat juga menghadirkan snapshot financial projection selama tiga sampai lima th. dan perkiraan key metrics Kamu. Pastikan kalau beberapa orang mengerti inti forecast itu.

Current status, accomplishments, fundraising timeline and use of funds
Dalam satu slide, terangkan status terbaru untuk product atau servis Kamu, key milestone yang sudah diraih perusahaan, tujuan Kamu diakhir round, dan bagaimana Kamu membagikan uang dari beberapa investor. Dan, janganlah lupa untuk memberikan jumlah uang yang perlu di fundraise oleh perusahaan Kamu.

Mempersiapkan deck dengan detil yang mendalam senantiasa lebih baik karena setiap investor dapat temukan jawaban dari pertanyaan mereka dalam deck. Diluar itu, memakai desain yang juga bagus bukanlah inspirasi yang jelek untuk mengemukakan hal positif dari bisnis Kamu. tetapi, senantiasa ingat kalau sistem fundraise memerlukan banyaknya waktu dan energy, jangan pernah sistem ini mengganggu Kamu dalam membuat product atau servis yang bagus, karena selanjutnya product atau servis yang baik dengan market size yang layak dan traction juga akan menarik perhatian investor. Mudah-mudahan mujur! Janganlah lupa untuk bersenang-senang dalam menggerakkan bisnis Kamu!

0 komentar: